DAERAH

KONI Kabupaten Garut Matangkan Persiapan Porkab 2024

Garut, zonainformasinew.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Garut menggelar acara Pemantapan Persiapan Teknis Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Garut 2024 pada Kamis (6/6/2024), di Aula Rektorat Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut, Jalan Terusan Pahlawan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Garut, Ade Hendarsyah, Ketua KONI Kabupaten Garut, Abdusy Syakur Amin, Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Porkab Garut 2024 sekaligus Sekretaris Umum (Sekum) KONI Kabupaten Garut, Subhan Rohmansyah, serta para perwakilan cabang olahraga, technical delegate (TD), Camat, hingga Komite Olahraga Kecamatan (KOK).

Kepala Dispora Kabupaten Garut, Ade Hendarsyah, menyampaikan bahwa pelaksanaan Porkab Garut 2024 sudah teragendakan sejak Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) KONI Garut 2022 dan dimantapkan melalui rapat kerja tahunan KONI baik di tahun 2023 maupun 2024. Menurutnya, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Pekan dan Kejuaraan Olahraga, kejuaraan olahraga multievent merupakan tanggung jawab pemerintah daerah yang kemudian pelaksanaannya diberikan kepada KONI.

“Alhamdulillah hari ini KONI melakukan pemantapan teknis untuk pelaksanaan Porkab tadi, yang sebut saja dengan menghadirkan semua pemangku kepentingan dari mulai cabang olahraga, dan technical delegate-nya, camat dan KOKnya hari ini semua berkumpul, dan kita sudah berkomitmen tadi ini boleh disebut sebagai chief demission meeting pertama,” ujar Ade.

Atas hal tersebut, pihaknya terus mendorong agar pelaksanaan Porkab 2024 tidak mengalami perubahan, sebagaimana disepakati dari awal bahwa pelaksanaan pembukaan Porkab tahun ini akan dilaksanakan tanggal 20 Juli 2024.

“Hanya waktu itu kan kita tidak bisa menentukan mau siang atau malam hari, tapi saya dengar tadi dari bidang acara itu akan dilaksanakan malam hari,” ucapnya.

Ade juga menekankan pentingnya koordinasi antara KONI dan pihak terkait untuk memastikan pelaksanaan acara tidak saling mengganggu satu sama lain dan seluruh persiapan dapat dimatangkan.

“Pada intinya kami berharap kita semua memanfaatkan sisa waktu ini yang tinggal hitungan hari, untuk terus mematangkan persiapan-persiapan kita,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panpel Porkab Garut 2024, Subhan Rohmansyah, menuturkan bahwa pihaknya baru saja menyelesaikan pendataan by name dari seluruh KOK dan telah mengesahkan data nama untuk atlet, pelatih, ofisial, dan sebagainya. Porkab tahun ini akan mempertandingkan 26 cabang olahraga dengan 265 nomor pertandingan, melibatkan sekitar 8.500 orang yang terdiri dari atlet, pelatih, ofisial, dan wasit.

“Setelah beres ini kita bertemu dengan semua TD untuk melanjutkan tahapan termasuk kita akan menghitung pembiayaan real dari masing-masing cabor,” tutur Subhan. (Yopi/Ajun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *