DAERAH

Dalam Rangka Peningkatan Ekonomi, Pemdes Kujangsari Melaksanakan Kegiatan Pelatihan Peternakan Kambing Dan Sapi Tahun 2024

Banjar,zonainformasinew.com – Dalam memenuhi serta meningkatkan ekonomi Desa Kujangsari, Pemdes Kujangsari melaksanakan kegiatan pelatihan peternakan kambing dan sapi Tahun Anggaran 2024.

Kegiatan tersebut adalah program ketahanan pangan, sebab sektor peternakan memberikan sumbangsih yang besar dalam mendukung ketahanan pangan terutama pada pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat Indonesia.

Kambing dan sapi dipilih sebagai hewan ternak karena mereka memiliki beberapa keunggulan, seperti adaptabilitas yang tinggi terhadap lingkungan, kemampuan berkembang biak dengan cepat, dan memberikan manfaat ganda melalui daging dan susunya.

Kepala Desa Kujangsari Mujahid.S,Ag.melalui Sekretaris Desa Aris Somantri saat diwawancarai hari Selasa 30 Mei 2024 memaparkan”Dengan adanya program ketahanan pangan berdasarkan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 8 tahun 2022 kami bersama masyarakat Desa Kujangsari memfokuskan bukan saja bidang pertanian tetapi bidang peternakan seperti memelihara hewan ternak kambing,sapi dan bebek.”

“Untuk hewan ternak kambing sangat berkembang pesat sampai 100% artinya kambing berkembang biak/ beranak dari 4 kelompok masing masing diberi 10 ekor dari tahun 2023 sekarang sudah 80 ekor lebih tahun 2024 ini”.

Lanjut Aris dengan Visi Desa Unggul dan Mandiri berharap Desa Kujangsari menjadi sentra ternak di Kota Banjar.

Langkah berikutnya pada tahun ini 2024 melalui Dana Desa kami sudah mempersiapkan penambahan modal bagi masyarakat untuk memelihara kambing, sapi dan bebek.semoga program ini berjalan lancar demi meningkatkan perekonomian masyarakat kami.

Dan kami menghimbau untuk masyarakat khususnya masyarakat Kota Banjar dan umumnya masyarakat luar daerah bila memerlukan kambing dan sapi untuk membeli keperluan hewan qurban ataupun untuk keperluan lainnya kami atas nama masyarakat Desa Kujangsari sudah siap menjual hewan ternak tersebut.tandasnya (Wawan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *