DAERAH

Kabupaten Garut Kirim 113 Atlit Unggulan Ke PORPEMDA Jawa Barat – XV Tahun 2023

Garut, zonainformasinew.com – Bupati Garut, Rudy Gunawan, secara resmi melepas kontingen Kabupaten Garut yang akan mengikuti Pekan Olahraga Pemerintah Daerah (PORPEMDA) Jawa Barat – XV Tahun 2023. Acara pelepasan dilakukan dalam apel gabungan di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda), Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (20/11/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Rudy Gunawan mengucapkan selamat bertanding kepada para atlet Garut, sambil memberikan doa terbaik untuk keberhasilan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan bertanding dalam event ollah raga antar pemerintah daerah se Jawa Barat ini.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Garut, Ade Hendarsyah, menjelaskan, kontingen Garut akan berkompetisi dalam 11 cabang olahraga, termasuk 10 cabang olahraga prestasi, yaitu bola voli, bola basket, tenis meja, tenis lapangan, gerak jalan atletik, bulu tangkis, futsal, catur, golf, dan bola biliar, satu cabang olahraga tradisional, yakni egrang. Jumlah atlet mencapai 79 orang, didukung oleh 11 pelatih, 12 ofisial, dan 11 manajer, menjadikan total kekuatan kontingen sebanyak 113 orang.

Ade Hendarsyah menyatakan, meskipun tidak ada batasan usia, peserta PORPEMDA harus merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Ade mengatakan, pelaksanaan PORPEMDA ini menjadi momentum penting setelah terhenti beberapa tahun akibat pandemi Covid-19. Terakhir kali, event ini diselenggarakan pada tahun 2018. Perhelatan yang berlangsung setiap empat tahun ini, kali ini diselenggarakan di Kabupaten Kuningan.

“4 tahun sekali, tapi karena harusnya beberapa 4 tahun yang lalu kan tidak ada pelaksanaan Porpemda karena Covid-19, jadi ini baru ada lagi di Kuningan,” lanjutnya.

Prestasi yang diraih kontingen Garut pada PORPEMDA sebelumnya adalah cabang gerak jalan kerapihan dan ketepatan, tenis meja, dan futsal. Ade berharap prestasi positif, terutama dalam futsal, yang banyak diisi oleh atlet dari Dinas Pendidikan.

“Futsal mudah-mudahan lah gitu ya, karena futsal nih dinas kebanyakan dari Dinas Pendidikan atletnya, guru olahraga,” ucapnya.

Selain itu, Ade mengatakan bahwa beberapa atlet yang akan bertanding berasal dari sebaran beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), seperti tenis meja dari Dinas Perhubungan, dan futsal dari Dinas Pendidikan.

“Misalnya yang futsal Dinas Pendidikan. Kalau tenis meja ada di Dishub, ada juga di pendidikan guru lah, basket juga menyebar, ada yang orang dari Setda ada yang dari dinas,” katanya.

Kontingen Garut dijadwalkan berangkat bertanding pada tanggal 25 November hingga 29 November 2023. Ade Hendarsyah meminta doa restu dari masyarakat agar para atlet dapat menjaga kesehatan dan meraih prestasi optimal. (Yopi/Ajun)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *