DAERAH

Selintas Tentang KKN Tematik STIE Yasa Anggana Di Desa Cibiuk Kidul

Garut,zonainformasinew.com – Beberapa kegiatan yang sifatnya pengabdian masyarakat telah dilakukan oleh Kelompok 7 KKN Tematik Mahasiswa STIE Yasa Anggana Tahun Akademik 2023/24 yang berlokasi di Desa Cibiuk Kidul Kecamatan Cibiuk Kabupaten Garut. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Desa Cibiuk Kidul, Agustian Syamsudin, Drs.MM mengatakan bahwa mahasiswa yang dibimbingnya berjumlah 19 orang terdiri dari 6 Laki-Laki dan 13 Perempuan, 13 orang mahasisea dari Kelas reguler dan 6 orang mahasiswa dari kelas Karyawan.

Ia mengatakan bahwa sejak survey awal yang dilakukan pada tanggal 5 Agustus yl bersama-sama 6 orang perwakilan mahasiswanya sudah merasakan aura yang positif dari Desa Cobiuk. Kepala Desanya yang terbilang masih muda dan baru terpilih baru menjabat sejam sekitar 2 bulan yang lalu beserta perangkat desa dan masyarakat terasa sangat menyambut baik dan merespon positif terhadap program yang diajukan oleh kelompok 7 KKN STIE Yasa Anggana ini.

Sementara Ketua Kelompok 7 Desa Cibiuk Dani Yunianto yang disertai kedua rekannya yakni Nisa Usyifa dan Tiara Sinthya Rahmawati mengatakan bahwa dari 3 program sesuai dengan juknis yang diamanatkan STIE Yasa Anggana yaitu Program Pokok, Program Bantu dan Non Program sebagoan besar sudah terlaksana dengan partisipasi bantuan yang sangat tinggi dari masyarakat Desa Cibiuk Kidul.

Beberapa kegiatan yang sudah dilakukan antara lain Sosialisasi Bumdes, Sosialisasi Kewirausahaan, pendampingan pembuatan NIB dan pembimbingan penyusunan administrasi keuangan sederhana bagi para UKM di lingkungan Desa Cibiuk Kidul. Selain itu para mahasiswa peserta KKN dan termasuk DPL nya juga aktif berperan serta dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 78 tahun ini mulai dari menjadi juri beberapa lomba seperti lomba tumpeng, lomba karaoke, lomba futsal dan beberapa permainan lainnya termasuk mengikuti pawai dan upacara bendera di Kecamatan Cibiuk.

Meskipun baru sekitar semingguan dan masih sekitar satu minggu ke depan pelaksanaan KKN Tematik di Desa Cobiuk Kidul ini, chemistri sambung rasa terasa sudah begitu kental terasa diantara DPL dan para peserta KKN dengan Kepala Desa beserta perangkat desa serta masyarakatnya. Bahkan diantara mereka ada yang meminta masa KKNnya diperpanjang saja. Ini semua terjadi berkat sinergitas perencanaan yang matang dari lembaga serta penerimaan dari warga Cibiuk Kidul dan semangat serta kerelaan mahasiswa untuk mau belajar bersosialisasi dengan baik.(Risman Risyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *