DAERAH

BPBD Garut Raih Penghargaan Best Partnership In Mitigation Di Geo Appreciation Night 2023

Bandung, zonainformasinew.com – Kota Bandung menjadi saksi gemilangnya acara bersejarah yang diselenggarakan oleh Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) Republik Indonesia. Geo Appreciation Night Tahun 2023, yang berlangsung di Museum Geologi, Jalan Diponegoro, Kota Bandung pada Jumat malam (18/08/2023), menjadi panggung kebanggaan bagi Kabupaten Garut. Dalam momen ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut mengukir prestasi dengan meraih penghargaan Best Partnership in Mitigation Kategori Geo Hazard.

Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Hendra Gunawan, kepada Sekretaris BPBD Kabupaten Garut, Kartika Puspita Sari. Sukses yang diraih oleh BPBD Kabupaten Garut menjadi bukti nyata bahwa kolaborasi yang kuat dengan Badan Geologi memiliki dampak positif dalam upaya mitigasi bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Aah Anwar Saefulloh, Jum’at (18/8/2023) malam, mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi ini. Penghargaan ini diberikan karena BPBD Kabupaten Garut dinilai sebagai salah satu mitra Badan Geologi khususnya PVMBG yang berperan aktif dan berdedikasi dalam upaya-upaya mitigasi bencana geologi.

Aah menekankan, BPBD Kabupaten Garut selama ini telah berupaya secara aktif meningkatkan pemahaman dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana geologi. Upaya ini tidak hanya berdampak pada ketangguhan masyarakat, tetapi juga menunjukkan komitmen tinggi pemerintah daerah dalam menjaga keselamatan warganya.

“Oleh Badan Geologi, BPBD Kabupaten Garut dinilai berkomitmen dalam melaksanakan upaya-upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kesiapsiagaan terhadap bencana geologi yang berkontribusi dalam meningkatkan ketangguhan masyarakat,” ujar Aah usai menerima penghargaan, didampingi Sekretaris BPBD Kabupaten Garut, Kartika Puspita Sari.

Aah berharap, memperhatikan Kabupaten Garut sebagai daerah dengan risiko bencana tinggi, penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi BPBD Kabupaten Garut untuk terus melanjutkan upaya-upaya mitigasi bekerja sama dengan PVMBG, Badan Geologi dan seluruh stakeholders Penanggulangan Bencana. Ke depan lebih meningkatkan lagi penyebaran informasi tentang bencana kepada masyarakat, yang didukung dengan peningkatan penyediaan sarana dan prasarana mitigasi bencana untuk menjaga keselamatan warga.

“(Harapannya) semoga BPBD Kabupaten Garut dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam penanggulangan bencana, khususnya dalam upaya-upaya meningkatkan mitigasi, pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana geologi,” tandasnya.

Prestasi ini tak hanya menjadi kebanggaan Kabupaten Garut, tetapi juga menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk lebih aktif dalam upaya menghadapi ancaman dan risiko bencana.(Yopi)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *