DAERAH

Membangun Konektivitas Di Garut Selatan, Bupati Garut Rudy Gunawan Tinjau Jembatan Dan Jalan Di Desa Gunamekar

Garut, zonainformasinew.com – Bupati Garut, Rudy Gunawan, melanjutkan rangkaian kunjungan kerjanya ke wilayah Garut dengan kunjungan istimewa ke Desa Gunamekar, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Senin (14/08/2023). Dalam kunjungannya, Bupati Garut mengungkapkan tekadnya untuk mempercepat pembangunan jalan dengan kualitas yang baik..

“Dan ini memang jalannya kecil, saya nanti akan tambah lagi di anggaran perubahan tapi kita mencoba untuk bisa sampai ke tempat itu nanti ya,” ujarnya .

Bukan hanya itu, Bupati Garut juga turut meninjau langsung jembatan yang sebelumnya rusak. Langkah ini diambil untuk mengakselerasi proses distribusi barang, hasil pertanian, dan mobilitas anak-anak sekolah.

“Nanti bisa pakai mobil, nah ini masih ada permintaan lagi katanya minta dibebasin 20 are supaya bisa mobil langsung ke Gunamekar, insya Allah 20 are dibeli nanti dari hadiah Bupati ya bantuan keuangan ke desa,” ujarnya.

Rudy Gunawan juga tidak lupa berbicara mengenai perjalanan sebelumnya ke Desa Gunamekar. Ia mengingat saat jembatan yang menghubungkan Desa Gunamekar dengan Ibu Kota Kecamatan Bungbulang sangat rusak, memaksa warga harus menempuh perjalanan ekstra jauh. Namun, komitmen Bupati untuk memulihkan infrastruktur daerah ini tergambar jelas dalam alokasi anggaran sekitar 1,1 miliar rupiah untuk perbaikan jembatan. Bahkan, lanjut Rudy, pihaknya akan membuat jembatan baru khusus kendaraan mobil agak bisa melewati jembatan ini. Ia memaparkan, bahwa besi dan pasir yang digunakan untuk membangun jembatan ini sudah cukup bagus, dan pihaknya akan terus melakukan pengecekan secara berkala agar jembatan dapat kuat ketika digunakan.

“Nanti masyarakat, alhamdulilah nanti bisa pakai mobil ke sini, kita bisa ada penghubung antara Kecamatan Bungbulang, Ibu Kota Bungbulang, dengan Gunamekar,” lanjutnya.

Rudy juga mengajak masyarakat setempat untuk aktif mengawasi proses pembangunan ini. Ia menegaskan bahwa jika proyek ini berjalan sesuai rencana, pihaknya akan memberikan apresiasi yang pantas. Namun, jika ada koreksi yang diperlukan, Bupati juga siap untuk melaksanakannya demi tercapainya hasil yang terbaik.

“Tapi kita akan evaluasi dari mulai proses perencanaan, proses pelaksanaan, dan disitu ada lelang yang dilaksanakan oleh Pokja ULP. Ayo, kita Garut ke depan akan jauh lebih baik meskipun saya 4 bulan lagi pensiun, saya ingin mewariskan kedepan harus demi Garut,” katanya.

Kepala Desa Gunamekar, Evie Eryani, juga berharap pembangunan ini menjadi berkah bagi masyarakat setempat. Dengan panjang jalan sekitar 1.450 meter dan lebar 3 meter serta jembatan sepanjang 30 meter dan lebar 3 meter, proyek ini diharapkan akan memberikan dampak positif signifikan dalam mobilitas dan kesejahteraan masyarakat.

Pembangunan jembatan ini menjadi momen bersejarah bagi Desa Gunamekar, menggantikan jembatan gantung yang sudah ada selama 40 tahun. Evie merasa bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas dedikasi Bupati Rudy Gunawan dalam mewujudkan perubahan ini.

“Dan ini juga bukan dirasakan untuk desa kami, desa lain-lain juga (seperti) Desa Bungbulang, Margalaksana, Tanjungmulya juga lewat ke situ (jembatan yang dibangun), soalnya itu kan dilaluinya bukan cuman sama warga biasa, sama anak sekolah lewat ke situ, terus yang beraktivitas ke pasar, guru-guru gitu, (pokoknya) banyak manfaatnya,” katanya.

Dengan harapan yang sama, Evie berharap bahwa Desa Gunamekar akan terus menerima pembangunan lebih lanjut, mengingat masih banyak infrastruktur lain yang perlu ditingkatkan. Ia mengucapkan terima kasih dan mendoakan kesehatan serta kelancaran rezeki untuk Bupati Garut.

“Bapak Bupati Garut saya bersyukur dan berterima kasih banyak kepada Bapak Bupati atas bantuan-bantuannya ke Desa Gunamekar, mudah-mudahan Pak Bupati sehat selalu (dan) rezekinya makin lancar, Aamiin,” tandasnya.(Yopi)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *