DAERAH

Bupati Garut Apresiasi Pelaksanaan Favorit Preanger Basketball League

Garut, zonainformasinew.com – Yayasan Favorita Insan Mandiri sukses menggelar turnamen bola basket tingkat Priangan dengan nama Favorita Preanger Basketball League (FPBL) in collaboration with BNI Indihome.

Acara yang berlangsung di Sarana Olahraga (SOR) R.A.A Adiwijaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut mulai tanggal 5 hingga 12 Agustus 2023 ini mempertandingkan beberapa kategori, seperti senior, kelompok umur 11 mix ,(campuran), kelompok umur 13 putra, dan kelompok umur 13 putri.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, Sabtu (05/08/2023), saat membuka resmi turnamen, menyambut baik kompetisi ini karena melibatkan anak-anak usia 13 tahun ke bawah, dengan harapan bisa menghasilkan bibit-bibit pemain bola basket potensial untuk liga nasional di masa depan. Dengan semakin mahalnya pebasket yang bermain di liga profesional, turnamen seperti FPBL menjadi kesempatan bagi anak-anak untuk mengembangkan bakat mereka.

“Jadi sekarang kalau punya anak ibu-ibu tidak salah nganter anak-anaknya pergi latihan basket, karena nanti (kalau) anaknya jago dapat uangnya banyak,” ujar Rudy dalam sambutannya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut juga, Rudy mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Yayasan Favorita Insan Mandiri yang telah menyelenggerakan kompetisi bola basket se-priangan ini.

“Saya selaku Bupati Garut hari ini sekali lagi bangga atas penyelenggaraan ini, dan kita memberikan dukungan fasilitas, hal-hal lain, dan terima kasih kepada penyelenggara Favorita Club yang menyelenggarakan kegiatan ini,” ucapnya.

Yogi Muhammad Fatahillah Y, Ketua Pelaksana FPBL, menjelaskan bahwa FPBL telah dirancang sebagai liga berkelanjutan. Meskipun kali ini menggunakan sistem invitasi atau undangan, tujuan utamanya adalah membangkitkan semangat perbasketan di Kabupaten Garut, terutama pada usia dini. Dengan mengedepankan pengalaman bermain dan kegembiraan anak-anak, FPBL ingin menciptakan gelaran yang ditunggu-tunggu di priangan.

“Karena perbasketan itu sendiri kalau kita tidak menyoroti usia dini sepertinya akan sia-sia, jadi ketika antusias dari anak-anak, adik-adik sedang baik kami sambut dengan adanya kejuaraan,” tutur Yogi.

Turnamen ini berhasil menarik perhatian dengan kehadiran 21 peserta dari 7 klub berbeda, berasal dari beberapa daerah seperti Kabupaten Tasikmalaya, Kota Banjar, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Garut. FPBL diharapkan menjadi agenda tahunan yang akan terus mengembangkan potensi atletik dan semangat kompetisi di Kabupaten Garut.

“Insya Allah kami secara konsep memang ingin ada FPBL kalau yang sekarang FPBL Summer, mungkin yang ke depannya mungkin akan ada FPBL winter atau summer 2024 juga, dan harapan besarnya FPBL ini bisa jadi liga yang ditunggu-tunggu se-priangan,” tandasnya.

Dengan semakin berkembangnya kompetisi ini, harapannya adalah FPBL akan terus tumbuh dan menjadi salah satu liga bola basket yang diantisipasi di wilayah Priangan, memunculkan bakat-bakat muda yang akan berjaya di tingkat nasional.

Berikut beberapa klub yang bertanding dalam FPBL :

  1. Favorita Basketball Club (Kabupaten Garut)
  2. Kawan Lama Basketball (Kabupaten Garut)
  3. Tunas Muda (Kabupaten Garut)
  4. Nayatama Basketball (Kabupaten Garut)
  5. Gladiator Putra Patroman (Kota Banjar)
  6. Primata Basketball Academy (Kabupaten Tasikmalaya)
  7. Majalaya Junior Basketball Academy (Kabupaten Bandung). (Yopi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *