DAERAH

Pemkab Garut Luncurkan Surat Pedoman Menyemarakkan HUT Ke 78 RI

Garut, zonainformasinew.com – Rabu (26/07/2023). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut melalui Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Garut telah merilis Surat Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 dengan Nomor Surat: 400.14.1.1/3340/PKP. Surat pedoman yang diterbitkan pada Kamis, 6 Juli 2023, mengacu pada Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara (Mensetneg) Republik Indonesia Nomor: M-523/M/S/TU.00.04/06/2023, yang menjadi panduan bagi seluruh warga Kabupaten Garut untuk merayakan momen bersejarah tersebut.

Tema yang diusung dalam peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia tahun ini adalah “Terus Melaju untuk Indonesia Maju.” Tema ini mencerminkan semangat untuk terus menghadirkan progres dan perkembangan yang berkelanjutan dalam mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan berdaya saing.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut, Margiyanto, Rabu (26/07/2023), menyampaikan, dalam surat pedoman tersebut berisi beberapa hal mulai dari tema dan logo, acara pokok tingkat Kabupaten Garut, pedoman penyelenggaraan acara di tingkat kecamatan hingga kelurahan desa, dan pedoman penyelenggaraan acara-acara hiburan.

Logo peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 menampilkan angka tujuh dan delapan yang terbentuk dari lima garis melengkung. Logo ini melambangkan ketegasan, stabilitas, kelugasan, dan kesatuan bangsa Indonesia dalam berbagai aspek kehidupan.

Peringatan HUT RI ke-78 di Kabupaten Garut akan diperingati dengan berbagai acara pokok yang akan berlangsung selama dua hari berturut-turut, yakni dari tanggal 16 Agustus 2023 hingga 17 Agustus 2023.

Pada hari pertama, acara dimulai dengan Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Garut dengan agrhda pokok mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia. Selain itu, pada malam harinya digelar Upacara Penetapan Waktu (Taptu) dan Pelepasan Pawai Obor di halaman Ex Bakorwil Priangan serta Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Garut di Gedung Pendopo. Kegiatan hari pertama ditutup dengan Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) di Taman Makam Pahlawan Tenjolaya Garut.

Memasuki Hari H Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2023, akan diawali dengan Upacara Peringatan HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapang Otto Iskandar Di Nata (Alun-Alun Garut). Dilanjutkan dengan Defile Pasukan Upacara dan Pawai Masa di halaman Gedung KNPI Garut untuk memeriahkan momen bersejarah tersebut. Acara ditutup sore harinya dengan Gelar Senja dan Upacara Penurunan Duplikat Bendera Pusaka Republik Indonesia di Alun-Alun Garut.

Rangkaian peringatan ini juga akan disemarakkan dengan berbagai kegiatan dan acara dari berbagai instansi di lingkungan Pemkab Garut. Mulai dari Jalan Santai (23 Agustus), Lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) selama 3 hari (8-10 Agustus), Garut Tangguh Award (GTA) pada 24 Agustus, hingga Pameran di Alun-Alun Garut (10-14 Agustus), serta berbagai kegiatan lainnya.

Selain itu, kegiatan bakti sosial juga akan menjadi bagian dari peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI ini. Penyelenggaraan bantuan kerohanian penanganan bencana, bantuan dan santunan bagi penyandang disabilitas, pelayanan kesehatan gratis, hingga pelayanan administrasi dengan jemput bola (Pajero) akan turut mewarnai momen bersejarah tersebut.

Beberapa rangkaian kegiatan kini sudah dilaksanakan beberapa beberapa SKPD di lingkungan Pemkab Garut dalam rangka menyambut dan memeriahkan Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 yaitu pertandingan badminton antara SKPD, BUMD, dan Instansi Vertikal yang ada di Kabupaten Garut serta barusan telah dilaksanakan kegiatan Bebersih Situ Bagendit yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, Rabu (26/07/2023), diikuti oleh seluruh instansi, relawan, serta masyarakat setempat.

Pemerintah Kabupaten Garut juga berupaya mendorong prakarsa dan kreativitas masyarakat dalam menyelenggarakan acara peringatan dengan mengedepankan hiburan khas daerah/tradisional. Sehingga semangat peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat, dari masyarakat, dan untuk masyarakat.

Seluruh warga Kabupaten Garut diharapkan turut berpartisipasi dan merayakan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan penuh semangat dan kebanggaan atas prestasi dan perjuangan bangsa Indonesia selama ini. Semoga momen bersejarah ini dapat menjadi momentum positif untuk terus maju dan bersatu dalam membangun bangsa dan negara ke depan.(Yopi)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *