DAERAH

Jual Buku LKS Harus Ditindak Tegas

Garut, zonainformasinew.com – Diduga melakukan tindakan melawan hukum berupa pungli dengan modus menjual buku.


Sesuai informasi dari wali murid bahwa di SMKN 3 Garut, siswanya harus beli LKS dari sekolah dengan harga Rp 135.000 per paketnya dan diduga ada pungutan Rp 200.000 per semester dan ijasah ditahan oleh pihak sekolah, dan dipinta tebusan sejumlah Rp 2.000.000.


Awalnya tindakan sekolah yang terindikasi melawan hukum itu diketahui dari warga yang mengetahui perbuatan itu. Kepada awal media, warga yang menyampaikan laporannya secara langsung kepada awak media mengaku heran , bahwa pungutan dengan jual kedok buku masih terus berjalan.


Sebagaimana diketahui , bahwa tindakan sekolah menjual buku telah dilarang oleh pemerintah melalui perundang-undangan, yang tertera dalam Permendikbud nomor 75 tahun 2016.


Larangan penjualan buku ataupun bahan ajar diatur dalam Permendikbud nomor 75 tahun 2016 pasal 12 tentang komite sekolah yang berbunyi: komite sekolah, baik perorangan atau kolektif dilarang menjual buku pelajaran dan bahan ajar “.
Pada saat mau dikonfirmasi, kepala sekolah Drs.Sumaryana M.Pd tidak ada di sekolah .


Jika benar terbukti ada praktek jual beli LKS, saya kira KCD propinsi harus bersikap tegas, juga segera menjadwalkan rapat kerja dengan pihak sekolah terkait penjualan LKS. (Risman Risyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *