NASIONAL

Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Ikuti RakorwasinYang Dihadiri Presiden RI Dan Kepala BPKP RI

Bekasi Zona Informasi New – Plt. Wali Kota Bekasi Tri Adhianto dan kepala daerah se-Indonesia mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah (Rakorwasin) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI melalui zoom. Rapat tersebut dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, menteri, dan Kepala BPKP RI, Muhammad Yusuf Ateh.

Tri beserta jajaran Pemerintah Kota Bekasi mengikuti zoom di Command Center Kota Bekasi.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi memastikan setiap rupiah yang dibelanjakan dari anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta BUMN benar-benar produktif memberikan manfaat yang konkrit untuk masyarakat.

Presiden Jokowi menyampaikan pentingnya pengawasan terhadap program pemerintah agar dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, perlu peran dari BPKP baik pusat maupun daerah.

Selain itu, Presiden Jokowi meminta kepala daerah di seluruh Indonesia untuk memaksimalkan fungsi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam memberikan pengawasan sehingga target yang diinginkan dapat tercapai.

Berdasarkan laporan dari Kepala BPKP RI, terdapat 43 persen program pemerintah yang berpotensi tidak optimal dalam mengungkit sasaran pembangunan daerah. Oleh sebab itu, pendampingan dan pengawasan perlu dilakukan agar dapat mencegah permasalahan sedini mungkin.(Abu Hasan Safii/Joko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *