DAERAH

KP3 Desa Mekarsari Gelar Bimtek Harum Madu Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Garut, zona informasinew.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Nurdin Yana mengapresiasi pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Halaman Rumah Bermanfaat Terpadu (Harum Madu) yang diselenggarakan oleh Kelompok Perempuan Peduli Pangan (KP3) di Taman Bunga Harum Madu, Kampung Neglasari, Desa Mekarsari, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Jum’at (9/6/2023).

Pelaksanaan Bimtek Harum Madu ini digelar dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni. Di sela-sela Bimtek, Sekda Nurdin Yana bersama tamu undangan lainnya berkesempatan menanama pohon.

Sekda Kabupaten Garut mengatakan, Harum Madu merupakan sebuah program yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Garut. Sedangkan pelaksanaan Bimtek ini sendiri dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, mengingat program ini juga berkaitan dengan program dari Dinas Pertanian dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Garut.

“Karena ada 20% untuk alokasi penguatan ekonomi masyarakat melalui program DD (Dana Desa) ini adalah salah satunya untuk kepentingan itu, sehingga implementasinya seperti itu,” ucapnya.

Nurdin Yana mengatakan, saat ini program Harum Madu sedang dilombakan di tingkat desa/kelurahan di Kabupaten Garut, di mana lomba ini dalam rangka menginternalisasi masyarakat agar dapat memenuhi kebutuhannya sendiri melalui penanaman tanaman di halaman rumah.

“Pertama adalah kebutuhan masyarakat aspek itu terpenuhi, yang kedua lebih jauh adalah kita bisa menekan laju inflasi,” ucapnya.

Sekda berharap, sinergitas antara Dinas Pertanian dan DPMD Garut dapat diimplementasikan dan dirasakan langsung oleh masyarakat. Menurutnya, melalui lomba tersebut sebagai bentuk upaya stimulan agar masyarakat dapat bergairah dalam melakukan penanaman tanaman di halaman rumahnya.

“Dan internalisasi ini tidak sebatas hanya bentuk gerakan tetapi berdampak secara impact-nya kepada kesejahteraan masyarakat, itu saja poinnya seperti itu,” katanya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Perempuan Peduli Pangan (KP3) Desa Mekarsari, Linda mengatakan, Bimtek ini dilaksanakan bersamaan dengan penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, di mana dalam hal ini perempuan-perempuan turut andil dalam aksi peduli lingkungan.

“(Peserta) khususnya dari Desa Mekarsari warga-warga dan kelompok tani juga ada, semuanya kurang lebih 45 (orang),” ucapnya.

Ia mengatakan, tindak lanjut dari kegiatan ini adalah nantinya para anggota Harum Madu khususnya Kelompok Perempuan Peduli Pangan dapat menyosialisasikan penanaman sayur dan buah-buahan kepada masyarakat agar bisa membantu kebutuhan masyarakat dalam hal perekonomian.

“Ini suatu gerakan untuk selamanya gitu ya untuk masyarakat supaya bisa mencintai pohon juga menanam dengan sadar di halaman-halaman rumahnya seperti itu,” tandasnya.(Yopi)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *