DAERAH

Di Momen Harkitnas 2023, Bupati Garut Ajak Semua Pihak Kejar Ketertinggalan Kabupaten Garut

Garit, zonainformasinew.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menggelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 Tahun 2023 tingkat Kabupaten Garut, yang dilaksanakan di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (22/05/2023).

Dalam kesempatan ini, Bupati Garut, Rudy Gunawan, bertindak sebagai Inspektur Upacara dan membacakan sambutan Plt. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia, Mahfud MD.

Dalam upacara yang dihadiri oleh Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, Sekretaris Daerah, Nurdin Yana, hingga unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Garut ini, Bupati Garut mengajak semua pihak untuk memaknai Harkitnas ini dengan mengejar ketertinggalan yang ada di Kabupaten Garut.

Ia mengungkapkan jika Kabupaten Garut memang memiliki banyak prestasi, bahkan terakhir Kabupaten Garut mampu menjadi juara ketiga kategori perencanaan dan pencapaian terbaik pada Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2023.

Akan tetapi, imbuh Rudy, Kabupaten Garut dihadapkan beberapa masalah seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM) hingga pendapatan per kapita yang masih di bawah rata-rata nasional dan Provinsi Jawa Barat.

“Tetapi kenapa kita bisa masuk juara ketiga? karena kita dari sisi perencanaan mempunyai komitmen, diuji oleh kalangan penguji internal maupun penguji independen, yang memberikan penilaian bahwa Garut telah berada di dalam jalur yang benar dari sistem perencanaan,” ujar Rudy dalam sambutannya.

Ia berharap meskipun Kabupaten Garut memiliki IPM yang rendah, pendapatan per kapita yang relatif kecil, bahkan memiliki masyarakat yang dengan kualifikasi miskin ekstrem, ia mengajak semua pihak di momentum Harkitnas ke-115 ini untuk bangkit.

“Ayo kita bangkit saudara-saudara sekalian, para pengguna aggaran, para kuasa pengguna anggaran, dan tentu saudara-saudara para PPTK dan PPK bekerja dengan sebaik-baiknya,” tandasnya.(Yopi)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *