DAERAH

Sekda Garut Hadiri Puncak Penanaman Pohon Mangrove Nasional Di Pantai Karang Paranje

Garut, zonainformasinew.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana, menghadiri acara Puncak Penanaman Pohon Mangrove Nasional dengan tema “Mangrove For Better Life” di mana untuk tingkat Kabupaten Garut sendiri, difokuskan di area Pantai Karang Paranje, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Minggu (15/05/2023). Acara ditandai dengan penanaman oleh Sekda dan seluruh undangan yang hadir sebanyak 300 pohon.

Sekda Nurdin Yana mengatakan, jika kegiatan penanaman ini merupakan instruksi langsung dari Panglima TNI Republik Indonesia, Laksamana Yudo Margono, dan ditindaklanjuti oleh Komandan Distrik Militer (Kodim) 0611/Garut, sebagai upaya untuk memberikan penanganan terhadap kondisi laut agar terhindar dari kondisi abrasi.

“Nah sehingga kami atas inisiasi Kodim itu melaksanakan hal yang serupa, jadi ceremonialnya dilakukan launching-nya di pusat, kemudian kita serempak di Indonesia melaksanakan kegiatan penanaman mangrove ini,” ujar Sekda.

Ia berharap melalui kegiatan yang diinisiasi oleh TNI ini bisa menjadi stimulan, agar masyarakat serta pihak lainnya bisa melakukan hal yang sama, sehingga bisa memberikan kekuatan terhadap tanah yang ada di pantai agar tidak mudah bergeser.

Selain itu, imbuhnya, karena mangrove itu tempat berkembang biaknya ikan, pihanya banyak berharap mangrove ini tumbuh subur, sehingga nanti masyarakat setempat bisa memanfaatkan ikan tersebut.1

“Mudah-mudahan juga tumbuh subur, sehingga nanti masyarakat setempat bisa memanfaatkan (ikan tersebut),” ungkapnya.

Nurdin mengungkapkan, pihaknya juga, diinisiasi TNI dan Polri sebelumnya senantiasa melakukan penanaman pohon, khususnya yang berada di sekitar jalan yang rawan terkena bencana longsor.

“Ini komando langsung oleh Panglima TNI, sehingga insha Allah ini juga menjadi gerakan yang masif yang dilakukan oleh teman-teman dari TNI,” tandasnya.

Penanaman mangrove yang dilaksanakan di Kabupaten Garut yaitu sebanyak 1.300 pohon, yang dibagi secara dua sesi yaitu sesi pertama sebanyak 1.000 pohon dilakukan pada hari Minggu (14/05/2023), sedangkan pada ceremonial dilakukan penanaman sebanyak 300 pohon.

Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Komando Daerah Militer (KODAM) III/Siliwangi yang jatuh pada tanggal 20 Mei mendatang.

Selain kegiatan penanaman pohon, dalam rangka peringatan HUT KODAM III/Siliwangi ini dipaksa akan pula pengobatan massal kepada warga sekitar Pantai Karang Paranje, karya bakti melaksanakan pembersihan dan pembangunan sarana di Masjid yang ada di Desa Karyasari, donor darah pada 17 Mei 2023 mendatang, serta Bakti Sosial (Baksos) pemberian makanan tambahan kepada 75 balita stunting yang berada di wilayah KoramilKoramil 1102/Karangpawitan.(Yopi)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *