DAERAH

6.300 Porsi Domba Guling Siap Dihidangkan Dan Dinikmati Oleh Masyarakat Garut

Garut, zonainformasinew.com – Masih dalam rangkaian Hari Jadi Garut (HJG) ke-210, Badan Pengurus Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Garut berkolaborasi dengan Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) menggelar PHRI Garut Wisata Explore 2023 yang dilaksanakan di Jalan Ibrahim Adjie, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Sabtu (6/5/2023).

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, pihak panitia telah menyiapkan 210 domba guling yang akan menjadi rekor MURI sebagai Penyajian Domba Guling Terbanyak.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Agus Ismail, menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini di Kabupaten Garut. Agis – sapaan akrab Agus Ismail, menilai, kegiatan ini merupakan suatu sejarah baru bagi Kabupaten Garut dalam memecahkan MURI penyajian domba guling terbanyak di momen HJG ke-210.

“Ini adalah sumbangsih PHRI yang begitu luar biasa bagi khususnya masyarakat Kabupaten Garut, dan juga tentunya disupport oleh HDCI begitu ya, ini yang saya kira dengan HDCI tentu saja ini menjadi mendunia lah, karena memang kita tahu betul lah HDCI itu adalah branded-nya dunia,” ucapnya.

Ia berharap, bahwa terselenggaranya kegiatan ini dapat menjadi suatu titik awal kemajuan Kabupaten Garut, guna meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Dan mudah-mudahan ini dapat di-support oleh seluruh pihak, oleh seluruh masyarakat, dan akan menjadikan Garut lebih maju lagi,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Pemasaran dan Promosi PHRI Kabupaten Garut, juga sekaligus Ketua HDCI Kabupaten Garut, Ato Hermanto, menyampaikan bahwa selain 210 domba guling, dalam kegiatan ini juga menampilkan 210 Harley Davidson, 210 Campervan, dan 210 Indonesian Chef Association (ICA).

“Itu benar-benar acara yang punya semangat kebersamaan, semangat kekeluargaan, semangat kita bersama bisa, Alhamdulilah mudah-mudahan dengan datangnya HDCI (dan) 210 mobil Campervan, ini akan viral, ini akan menjadi mendunia, ini akan membuat Kabupaten Garut jadi viral, mudah-mudahan dari kegiatan ini, ini adalah merupakan kado ulang tahun khusus Kabupaten Garut ke-210 tahun,” ucapnya.

Ia juga mengajak kepada masyarakat Garut untuk hadir bersama-sama menikmati sajian domba guling secara gratis yang berlokasi di Jalan Ibrahim Adjie, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.

“Mudah-mudahan dengan acara ini bisa memberikan gebyar-gebyar, mudah-mudahan spektakuler, mudah-mudahan tersiar terkabar sedunia,” tuturnya.

Ketua Panitia, juga selaku Sekretaris Jenderal (Sekjen) BPC PHRI Kabupaten Garut, Fiki Radiansyah, menyampaikan bahwa maint event dalam acara ini adalah memecahkan MURI penyajian domba guling terbanyak. Selain itu, dalam kegiatan ini juga terdapat fun rally wisata, di mana pihaknya akan mendatangkan Harley Davidson dari seluruh Indonesia yang akan mengawal Campervan dari seluruh Indonesia menuju salah satu destinasi wisata di Kabupaten Garut yaitu Lamping Cirorek.

“Jadi kita nggak kalah gitu, nggak kalah Garut ini, kita mau acara ini biar orang pada tahu silahkan datang hayu ka Garut, jadi kita di sini dalam rangka promosi pariwisata Garut juga,” ujarnya.

Tak hanya itu, imbuh Fiki, dalam kesempatan ini juga pihaknya mengundang hotel dan restoran, serta UMKM yang ada di Kabupaten Garut. Fiki berterimakasih kepada seluruh pihak terutama Bupati Garut, Rudy Gunawan dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Garut yang telah memberikan dukungan terhadap kelancaran kegiatan PHRI Garut Wisata Explore ini.

“Jadi semuanya Alhamdulillah dengan kerjasama yang baik dan dukungan dari semua pihak, acara ini berlangsung dengan baik, semoga sukses tanpa ekses,” lanjutnya.

Fiki menerangkan, acara PHRI Garut Wisata Explore ini berlangsung selama dua hari, di mana pada Sabtu siang sampai sore hari dilaksanakan pembakaran daging domba yang kemudian nantinya akan dinikmati usai maghrib.

“Jadi makan malam bareng dan gratis untuk masyarakat Garut, kita ada 6.300 porsi ya, jadi untuk satu domba itu untuk 30 orang, nah jadi itung aja 210 kali 30 berarti 6.300 porsi, jadi semuanya gratis buat warga Garut,” ucapnya.

Ia menambahkan, bahwa domba guling ini dikumpulkan dari Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Kabupaten Garut, yang juga didukung oleh HPDKI pusat dan HPDKI Provinsi Jawa Barat, dan juga domba yang disajikan merupakan domba Garut.

“Boleh silakan datang nanti tanggal 6 ini datang ke venue kita di Jalan Ibrahim Adjie, untuk menikmati bersama-sama makan malam domba guling, karena domba guling kan enaknya makanya malam,” tandasnya.(Yopi)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *