DAERAH

Permudah Pelayanan, BPJS Ketenagakerjaan Kenalkan Jamsostek Mobile

Garut, zonainformasinew.com – Talkshow FOKUS yang berakronim Forum Komunikasi dan Solusi kembali hadir menjumpai pendengar Radio Intan Garut, Rabu (12/04/2023). Dalam Talkshow FOKUS Volume 7 yang mengusung tema “Semua Lebih Mudah dengan JMO (Jamsostek Mobile) ini”, menghadirkan Kepala Kantor Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kabupaten Garut, Fajar Akhmadi sebagai narasumber, dan dipandu langsung host oleh Beni Wahyudi atau Kang Ebenk.

Kepala Kancab BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Garut, Fajar Akhmadi, menyampaikan jika Aplikasi JMO merupakan sebuah platform dari BPJS Ketenagakerjaan guna menjawab tantangan dunia layanan yang sekarang mengarah ke digitalisasi.

“Jadi di platform ini yang kita sediakan ini nggak cuma informasi, tapi juga fitur-fitur yang memang ini punya peran penting ya bagi kepesertaan jaminan sosial tenaga kerja, karena memang ini nggak bahas cuma sekedar cek saldo tapi juga banyak sekali ya fitur-fiturnya,” ujar Fajar.

Ia menerangkan, dengan adanya JMO ini juga tentunya memudahkan para peserta BPJS Ketenagakerjaan, khususnya dalam proses pengklaiman manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan ini.

“Pasti (memudahkan), yang paling mendasar mungkin gini, kalau dulu kan eranya adalah misalkan kita mau klaim Jamsostek bahasanya dulukan, itu harus datang ke kantor, habis itu melakukan pengisian form, habis itu nunggu, belum ada proses transfer dan lain-lain, Nah, dengan aplikasi JMO ini semua bisa dilakukan dalam satu platform tadi, dan dalam hitungan menit klaimnya bisa selesai,” ucapnya.

Ia juga mengungkapkan jika JMO ini merupakan satu-satunya aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Meski demikian, Fajar mengimbau masyarakat untuk berhati-hati jika menemukan aplikasi yang mengatasnamakan BPJS Ketenagakerjaan selain JMO.

“Betul (aplikasi resmi BPJS Ketenagakerjaan) jadi mungkin sekaligus mengklarifikasi, karena sebelumnya itu ada banyak sekali khususnya di Playstore banyak sekali itu aplikasi-aplikasi yang pakai nama Jamsostek, ada cek data, ada apa, dan memakai logo Jamsostek, ini satu-satunya aplikasi resmi yang ada sampai sekarang ini kita kembangkannya di satu ya, kita fokus di Jamsostek Mobile ini (atau) JMO aja,” ungkap Fajar.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh JMO ini, imbuh Fajar, yaitu proses pengklaiman Jaminan Hari Tua (JHT) dalam hitungan jam atau one day service.

“Setelah pengkinian datanya selesai itu nanti bisa dilakukan tahapan klaim ya dengan cara verifikasi yang hitungan menit selesai prosesnya, hitungan jam dananya sudah langsung diterima, jadi ini sudah dipastikan one day service atau half day service bahkan ya, nggak sampai 1 harian, beberapa pengalaman bahkan cuman hitungan menit itu sudah langsung diterima,” tandasnya.

Oleh karena itu, ia mengajak para peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk men-download aplikasi JMO , karena dipastikan jika nanti akan melakukan pengklaiman Jaminan Hari Tua (JHT) itu akan menggunakan aplikasi JMO.(Yopi)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *