DAERAH

Bupati Garut Resmikan Relokasi Bank BJB Syariah KCP Garut

Garut, zonainformasinew.com – Bupati Garut, Rudy Gunawan, didampingi Direktur Utama (Dirut) Bank BJB Syariah, Adang Ahmad Kusnandar, meresmikan relokasi Bank BJB Kantor Cabang Pembantu (KCP) Kabupaten Garut, yang berlokasi Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis (06/05/2023). Sebelumnya Bank BJB Syariah KCP Garut berlokasi di Jalan Ciledug.

Dalam sambutannya, ia bersyukur di bulan Ramadan ini dirinya bisa menyaksikan relokasi Bank BJB Syariah sebagai bank yang menganut prinsip-prinsip syariah yang diatur dalam hukum islam.

“Oleh sebab itu saya berharap keberadaan BJB Syariah perwakilan yang direlokasi ke kantor yang lebih representatif, itu akan lebih menambah gairah masyarakat Garut untuk menabung di Bank BJB Syariah ataupun meminjam dengan cara syariah,” ujar Bupati Garut.

Ia mengatakan, di Kabupaten Garut ada lebih dari 4 triliun rupiah masyarakat yang menabung, yang ditabungkan di beberapa bank dan kebanyakan di bank-bank milik negara. Namun, menurutnya uang yang dicairkan atau digelontorkan lagi ke Kabupaten Garut masih sedikit.

“Yang besar itu adalah BJB, BJB itu memberikan kredit kepada PNS itu lebih daripada 2,4 triliun rupiah lebih di Garut saja,” katanya.

Oleh karena itu, ia berharap Bank BJB Syariah bisa memberikan dampak positif bagi transaksi perbankan di Kabupaten Garut. Terlebih Kabupaten Garut merupakan salah satu daerah yang mayoritas beragama muslim.

“Selaku Bupati Garut sekali lagi kami mendukung adanya Bank BJB Syariah Kantor Cabang Pembantu Garut yang direlokasi ke tempat yang representatif ini, mudah-mudahan ke depan antara BJB Syariah dengan Pemerintah Kabupaten Garut dan juga pebisnis Kabupaten Garut bisa lebih baik,” harapnya.

Sementara itu, Dirut Bank BJB Syariah, Adang Ahmad Kusnandar, mengungkapkan, Bank BJB Syariah merupakan anak perusahaan Bank BJB, dan di tahun 2010 pihaknya sudah melakukan spin off atau melepaskan diri dari Bank BJB.

“Itu artinya bahwa BJB ini punya dua pilihan, masyarakat diberikan pilihan satu kalau misalnya ingin konvesional dari Bank BJB, ingin syariah BJBS seperti itu, walau memang Bank BJB ini kan adalah bank pemerintah daerah yang sahamnya dimiliki oleh pemerintah kabupaten/kota dan Provinsi Jawa Barat dan Banten,” tandasnya.

Untuk saat ini sendiri, imbuh Adang, Bank BJB Syariag memiliki 10 kantor cabang yang beroperasi di wilayah Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta, dengan ditunjang 55 KCP termasuk salah satunya KCP Garut.(Yopi)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *