METROPOLITANUncategorized

Irjen Pol Karyoto Duduki Jabatan Kapolda Metro Jaya

Jakart, zonainformasinew.com – Irjen Karyoto resmi dilantik menjadi Kapolda Metro Jaya. Karyoto mengatakan saat ini pihaknya akan belajar terlebih dahulu dari pejabat lama di Polda Metro.
“Nanti, kita masih belajar dulu dari pejabat lama, terima kasih,” kata Karyoto seusai pelantikan di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (31/3/2023).


Irjen Karyoto menggantikan Irjen Fadil Imran sebagai Kapolda Metro Jaya. Sementara itu, Irjen Fadil dipromosikan menjadi Kabarhakam Polri.


Keputusan mutasi itu tertuang dalam surat telegram rahasia dengan nomor ST/713/III/Kep./2023 tertanggal 27 Maret 2023 yang ditandatangani Wakapolri, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.


Sebelum menjadi Kapolda Metro Jaya, Karyoto merupakan Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK. Penugasan Karyoto di KPK itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1178/IV/KEP./2020 tertanggal 13 April 2020 yang ditandatangani oleh Kepala Biro Pembinaan Karier Mabes Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo.


Karyoto merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1990. Sebelum menjabat Deputi Penindakan KPK, Karyoto sempat duduki jabatan penting di tubuh Polri.


Dia pernah menjabat Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 2014.
Kemudian, kasus korupsi bantuan sosial COVID-19 yang menjerat eks Menteri Sosial Juliari Peter Batubara. Selanjutnya, kasus korupsi mantan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah.


Selain itu juga kasus dugaan korupsi yang menyeret Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe. Dan, kasus dugaan korupsi pengadaan tanah PD Sarana Jaya di Munjul dan Pulogebang, Jakarta Timur.

Irjen Pol Karyoto menggantikan Irjen Pol Muhammad Fadil Imran yang menjabat Kapolda Metro Jaya sejak 16 November 2020, Fadil yang merupakan lulusan Akpol 1991 akan melaksanakan tugas barunya sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabarhakam) Polri menggantikan Komjen Pol Arief Sulistyanto yang memasuki masa pensiun

.
Mengintip harta kekayaan Irjen Karyoto yang jadi Kapolda Metro Jaya dikabarkan mencapai Rp7,7 miliar. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2022 yang dilaporkan pada 6 Februari 2023, sebagian besar pundi-pundi kekayaan berasal dari kepemilikan tanah dan bangunan yang nilainya mencapai Rp5,7 miliar.
Tanah dan bangunan tersebut mayoritas berlokasi di Garut-Jawa Barat dan Sleman-Yogyakarta.


Harta lain yang dimiliki Irjen Karyoto adalah kepemilikan transportasi dan mesin yang nilainya mencapai Rp 1,7 miliar dengan rincian mobil Toyota Alphard Minibus tahun 2020 senilai Rp 700 juta, mobil Toyota Innova Q tahun 2022 senilai Rp 570 juta, dan mobil Toyota Innova V tahun 2022 senilai Rp 470 juta.
Dia juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya, yakni kas dan setara kas senilai Rp 650 juta. Sehingga jika di total kekayaan Irjen Karyoto mencapai Rp 8,6 miliar.
Namun, nilai tersebut dipotong dengan hutang sebesar Rp 900 juta yang artinya kekyaan Irjen Karyoto adalah Rp 7.710.000.000 atau Rp 7,7 miliar.(A2TP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *