KAB. BEKASI

Disarpus Kabupaten Bekasi Tingkatkan Kapasitas Tenaga Perpustakaan Dan Pustakawan

Bekasi, zonainformasinew.com – Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Bekasi melalui Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Tenaga Perpustakaan dan Pustakawan bertajuk “Peningkatan Kapasitas Tenaga Perpustakaan Menuju Perpustakaan Berstandar Nasional”.


Kegiatan berbentuk pembekalan pengelolaan perpustakaan ini dilaksanakan selama dua hari mulai dari tanggal 7 sampai 8 Maret 2023 yang lalu.
Kegiatan ini diikuti oleh 13 pustakawan dan tenaga perpustakaan tingkat Sekolah Dasar, empat pustakawan, tenaga perpustakaan tingkat sekolah menengah pertama, dan tiga pustakawan serta tenaga perpustakaan tingkat sekolah menengah atas.


Turut hadir empat Pustakawan Ahli Madya dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat, yaitu Maman Suherman, Ena Ratna Irawati, Ika Candrawulan, dan Dra. Siti Mulyani.


Kepala Disarpus Kabupaten Bekasi Adeng Hudaya menuturkan, para narasumber memberikan materi terkait pengelolaan perpustakaan sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan yang ditetapkan oleh Perpustakaan Nasional RI.


“Mereka juga sekaligus memberikan pembekalan mengenai instrumen-instrumen yang harus dipenuhi dalam akreditasi perpustakaan,” ucapnya pada Rabu (29/03) yang lalu.
Menurutnya, akreditasi perpustakaan merupakan pengakuan formal oleh Lembaga Akreditasi Perpustakaan-Perpustakaan Nasional RI (LAP-PNRI) yang menyatakan bahwa lembaga perpustakaan telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan pengelolaan perpustakaan.


“Melalui akreditasi perpustakaan inilah dapat dinilai apakah suatu perpustakaan telah sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan atau belum memenuhi Standar Nasional Perpustakaan,” harapnya.


Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kesiapan para tenaga perpustakaan dan pustakawan untuk mengantarkan instansi perpustakaannya menjadi perpustakaan yang terakreditasi.
Sebelumnya Disarpus Kabupaten Bekasi telah melakukan Tingkatkan Kapasitas Tenaga Perpustakaan dan Pustakawan melalui aplikasi “ Inlislite “ yang merupakan perangkat lunak otomasi perpustakaan yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia untuk mengembangkan perpustakaan Digital.(A2TP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *