DAERAH

Indonesia Muda Super League KU-18 2023 Sukses Digelar Di Kabupaten Garut

Garut, zonainformasinew.com – Indonesia Muda Super League Kategori Umur (KU) 18 Tahun 2023 seri wilayah Priangan Timur sukses digelar di Kabupaten Garut. Pertandingan final yang mempertemukan antara Family United (Garut) versus SMK Al Huda (Tasikmalaya) ini dihelat di Stadion R.A.A Adiwijaya yang berlokasi di Sarana Olahraga (SOR) R.A.A Adiwijaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Minggu (5/3/2023).

Pertandingan semi final dan final IMSL ini didukung langsung oleh Asosiasi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Garut, dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kabupaten Garut, dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2023 dan Hari Jadi ke-210 Kabupaten Garut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Garut, Muksin, yang hadir mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, menyampaikan bahwa turnamen ini terasa istimewa karena digelar di lapangan sepak bola terbaru yang ada di Kabupaten Garut, yaitu di Stadion R.A.A Adiwijaya.

“Jadi Alhamdulillah ini sudah bisa dilaksanakan dengan baik ya, dengan sukses, dan tentunya ini diselenggarakannya juga istimewa di lapangan sepakbola terbaru di Kabupaten Garut, yang bertaraf internasional, dan sukses diselenggarakan oleh PWI bersama dengan PSSI,” ujar Muksin ketika diwawancara seusai menyaksikan pertandingan final yang dimenangkan oleh SMK Al Huda Tasikmalaya dengan skor telak 3-0.

Karena kompetisi ini merupakan KU 18 Tahun, ia berharap melalui event ini bisa mencetak kader-kader muda di dalam sepak bola Indonesia.

“Dan tentunya (harapannya) ini menjadi motivasi juga untuk generasi muda, kemudian untuk anak-anak, agar dapat meningkatkan prestasi di dunia olahraga khususnya sepakbola,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) IMSL KU-18 Tahun 2023 seri wilayah Priangan Timur, Aldi Razak, menuturkan jika event ini merupakan seri wilayah untuk penyisihan Priangan Timur, di mana Juara 1 dari kompetisi ini akan mendapatkan tiket untuk berlaga di event nasional IMSL di bulan Oktober, yang rencananya akan diselenggarakan di Stadion Manahan, Solo.

Ia memaparkan dalam event ini pihaknya membatasi peserta hanya 12 klub saja, dan pertandingan penyisihan dilakukan secara group stage yang digelar di SOR Merdeka Kerkhof pada hari Jum’at dan Sabtu (3-4/03/2023).

“Nah di sini kita pengen ada pembinaan dan Alhamdulillah dari tahun kemarin sudah berjalan dari usia 8 tahun, 10, 12, 13, 15, dan 16 di minggu kemarin, dan akhirnya sekarang di usia 18nya, dan berarti semua perwakilan juara dari kategori itu nanti semua berangkat ke Solo di bulan Oktober,” tutur Aldi.

Ia memaparkan dalam IMSL yang digelar di Kabupaten Garut ini pesertanya berasal dari Badung, Tasikmalaya, dan juga Kabupaten Garut. Ia berharap melalui kegiatan ini pembinaan pesepakbola muda yang ada di Kabupaten Garut bisa lebih berkembang.

Di tempat yang sama, Kapten dari Tim SMK Al Huda Tasikmalaya, Candra Pebrian, mengungkapkan dirinya merasa sangat bahagia dan sangat bersyukur bisa keluar sebagai juara dalam IMSL KU-18 Tahun 2023 untuk wilayah Priangan Timur.

“Persiapan sih udah disiapin dari beberapa bulan kebelakang, karena kami sangat bersiap-siap menghadapi turnamen ini, iya (selalu) latihan rutin. Harapan saya sih semoga ke depannya ini semua yang di sini bisa menjadi lebih baik, lebih terorganisir seperti itulah, biar kedepannya sepak bola Indonesia lebih maju,” tandasnya.

Sebelum masuk final, tim Family United mengkadaskan SMKN 1 Garut dengan skor akhir 1-0, sedangkan SMK Al Huda Tasikmalaya melaju ke final mengalahkan EFSA Al Masoem, skor tipis 1-0.

Di final, SMK Al Huda unggul telak 3-0 melawan Family United, dan berhasil keluar sebagai Juara 1 dalam IMSL KU-18 2023 seri Priangan Timur.(Yopi)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *