KOTA BEKASI

Terkait Penyerobotan Tanah, Oknum Pejabat, Mantan Pejabat Pemkot Bekasi Dan Tokoh Masyarakat Di Seret Ke PN Kota Bekasi

Zona Informasi New, Kota Bekasi – Oknum Pejabat dan Mantan Pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi serta satu oknum tokoh masyarakat di seret ke Pengadilan Negeri (PN), guna mempertanggung jawabkan perbuatannya atas tindakan penyerobotan tanah.


Sidang Pembacaan Dakwaan terkait kasus penyerobotan tanah yang berada di wilayah Kelurahan Jatibening, Kecamatan Pondok Gede dibacakan langsung di Pengadilan Negeri Bekasi, Selasa, (28/02/23).


“Dalam persidangan terbukti bahwa ke lima tersangka tersebut melakukan tindakan pemalsuan dokumen berupa akta autentik, pemalsuan surat, keterangan palsu, menyuruh dan membantu turut serta melakukan perbuatan pidana,” kata Fajar kepada awak media.


Dirinya menjelaskan, kelima tersangka saat ini ditempatkan di Lapas Bulak Kapal, dan bila terbukti secara sah dan meyakinkan maka kelima tersangka terancam pidana masing-masing 12 tahun dan minimal 6 tahun kurungan penjara.
Ditambahkannya, para terdakwa disangkakan berbagai pasal berlapis.
“ Kelima tersangka jika terbukti, terancam pasal 264 ayat 1 dan 2 KUHP, Pasal 263 ayat 1 dan 2 KUHP Pasal 266 ayat 1 dan 2 KUHP jo Pasal 55 ayat 1 KUHP dan Pasal 56 ayat 1e dan 2e KUHP dengan maksimal kurungan penjara 12 tahun dan 6 tahun,” tegas Fajar.


Seperti diketahui, sebanyak lima orang pejabat dan mantan pejabat di Pemerintahan Kota Bekasi ditangkap oleh Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri beberapa waktu lalu.
“Lima tersangka diantaranya Encep Suherman, SE, Derry Rismawan, S.Sos, M.Si, Chaerul Anwar S.Sos, M.Si, Ilyas Bin H. Hasbullah dan Abdul Rochim, SE, semuanya akan menjalani proses persidangan,” ujar Fajar.


Dari Kelima terdakwa diketahui satu orang pejabat di Kecamatan Bekasi Selatan, satu orang pensiunan mantan Camat Pondok Gede, satu ASN aktif sebagai PPAT di Kecamatan Pondokgede, satu orang sebagai pembeli tanah (pengusaha) dan satu orang lagi sebagai tokoh masyarakat.(A2TP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *