DAERAH

Kemenkominfo Gelar Wayang Golek Di Kecamatan Selaawi

Garut, zonainformasinew com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menyelenggarakan Pertunjukan Rakyat (Petunra) berupa Pergelaran Wayang Golek dengan lakon “Jagat Prahara Wayang”, dengan Dalang Yogaswara Sunandar Sunarya, berlangsung di Desa Cirapuhan, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, Jum’at malam (24/2/2023).

Turut hadir Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kemenkominfo RI, Wiryanta, Kepala Dians Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut, Muksin, dan Camat Selaawi Fahmi Fauzi dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) termasuk Kepala Desa. Cirapuhan.

Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kemenkominfo RI, Wiryanta menyampaikan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat, yang datang berbondong-bondong hadir untuk menyaksikan pertunjukan wayang.

“Ya mohon izin tadi kata Pak Camat siang hari tadi hujan nya lebat jadi agak beda gak apa-apa. Itulah saya bangga mengapa hal ini sangat meriah, ” ucapnya.

Ia juga berterimakasih kepada Ki Dalang Yogaswara Sunandar Sunarya beserta _crew Giriharja 3 Putra, yang telah hadir untuk menyuguhkan pertunjukan wayang golek yang begitu digandrungi oleh masyarakat sunda.

“Ini luar biasa beliau sudah beberapa kali bersama-sama dengan kami, salah satunya dari Kabupaten Bogor, itu kami pernah bersama-sama dengan beliau untuk menyampaikan informasi-informasi pembangunan sekaligus pelestarian dan pemajuan kebudayaan, wabil khusus kebudayaan sunda,” lanjutnya.

Di sisi lain, ia juga menyampaikan bahwa kehadiran Kemenkominfo RI di Kabupaten Garut dalam kesempatan ini juga karena adanya amanat dari pemerintah pusat untuk mengkampanyekan atau mensinergikan upaya dalam rangka percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

“Dulu kata-kata pengahapusan itu memang kehendak dari Bapak Presiden, karena memang sebetulnya pengahapusan itu di-nolkan ya tapi memang dalam kenyataan tentu saja, tentu saja itu sebuah harapan tapi dalam prakteknya ya barang kali masih ada kurang lebih,” lanjutnya.

Sementara itu, Camat Selaawi, Fahmi Fauzi menyampaikan, rasa terimakasihnya atas kedatangan dari pihak Kemenkominfo RI ke Kecamatan Selaawi. Ia juga mengenalkan, bahwa Kecamatan Selaawi sendiri merupakan kecamatan yang berada di wilayah bagian utara di Kabupaten Garut.

“Sesuai nama nomenklatur bahwa sela itu adalah di antara awi adalah bambu, berarti Selaawi adalah kecamatan yang memang berbasis lokalnya itu adalah bambu,” ucapnya.

Ia menambahkan, bahwa Kecamatan Selaawi dengan pemerintah daerah sudah melaksanakan beberapa kegiatan yang selaras dengan tema pada kegiatan ini yaitu penanganan kemiskinan ekstrem.

“Dimana di Kecamatan Selaawi kita dalam pengembangan wilayah sudah melaksanakan dengan pendekatan pentahelix, yaitu pemerintah, media, komunitas, bisnis, dan juga akademisi,” tuturnya.

Fahmi menambahkan, bahwa Kecamatan Selaawi juga memiliki bangunan Selaawi Bamboo Creative Center (SBCC) yang merupakan bangunan kebanggaan masyarakat Selaawi, di mana SBCC sendiri merupakan sarana untuk mempertunjukkan pagelaran-pagelaran seni.

“Karena tadi di Selaawi ini tidak kurang dari 50 komunitas seni dan budaya plus paguron pencak silat, nah insyaallah mereka mereka ini terjalin dalam sebuah komunitas seni dan budaya dan mempertontonkan kegiatan tersebut di SBCC (Selaawi Bambu Creative Center),” ungkapnya.(Yopi)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *