DAERAH

Dinas PUPR Garut Deklarasikan Zona Integritas Menuju WBK Dan WBBM

Garut, zonainformasinew.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut mendeklarasikan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). deklarasi yang diikuti seluruh pegawai ini bersamaan dengan apel pagi yang digelar di Kantor PUPR Garut, Jalan Raya Samarang, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa (14/2/2023).

Deklarasi ini sendiri dipimipin langsung oleh Sekretaris Dinas PUPR Garut, Asep Oo Kosasih, dan diucap ulang oleh para pegawai lingkup Dinas PUPR , dihadiri dan disaksikan langsung oleh Inspektur Daerah Kabupaten Garut, Toni Tisna Somantri, di mana dalam kesempatan tersebut bertindak selaku pembina apel pagi.

Dalam arahan kepada sekira 178 peserta apel, Toni, selaku Inspektur Daerah Kabupaten Garut, mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Dinas PUPR Kabupaten Garut, untuk membangun zona integritas menuju WBK dan WBBM.

Ia menilai jika komitmen tersebut harus dibangun oleh seluruh pegawai Dinas PUPR Kabupaten Garut.

“Karena komitmen itu tidak boleh sepotong-sepotong, ini harus seluruh individu seluruh pegawai seluruh ASN yang ada di PUPR, mempunyai tekad yang sama untuk membangun zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani,” ujar Toni mengingatkan seluruh yang hadir.

Ia berharap deklarasi yang telah dilakukan oleh Dinas PUPR Garut bukan hanya formalitas saja, melainkan murni keluar dari lubuk hati yang paling dalam di masing-masing pegawai.

“Tentunya dengan harapan ini dideklarasikan tidak hanya formalitas, tapi keluar dari lubuk hati yang paling dalam masing-masing, dan diketahui oleh semua oranglah, semua institusi, semua lembaga apapun namanya, bisa melalui YouTube, bisa melalui Instagram, bisa melalui WhatsApp apapun, bahwa ini PUPR sudah mendeklarasikan masuk ke wilayah zona integritas,” harapnya.

Meskipun begitu, imbuh Toni, tekad tersebut tidak cukup hanya tekad saja, melainkan harus diaplikasikan dan harus diwujudkan, terutama perbaikan-perbaikan manajemen, tata laksana organisasi, penataan sumber daya manusia, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan dan peningkatan pelayanan publik.

Ia juga berharap melalui deklarasi ini, mampu menimbulkan citra yang baik bagi Dinas PUPR Garut.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Garut, Luna Avriantini, menuturkan jika deklarasi yang dilakukan ini merupakan wujud komitmen bersama untuk membangun zona integritas menuju WBK dan WBBM di lingkungannya.

Ia mengatakan, dalam kegiatan ini dihadiri oleh 178 peserta yang merupakan perwakilan dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang ada di 42 kecamatan, hingga pegawai di 6 bidang yang ada di Dinas PUPR Garut.

“Tentunya tindaklanjutnya ini kita setelah membangun komitmen, ini kita melakukan satu rencana aksi, setelah ini saya akan membentuk satu tim secara khusus untuk merumuskan rencana aksi ke depan,” tutur Luna.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Inspektur Daerah Kabupaten Garut, Luna berharap deklarasi yang diucapkan bisa diimplementasikan.

“Harapannya tentunya apa yang dijadikan komitmen bersama ini, ini harus diimplementasikan dalam melaksanakan tugas fungsinya masing-masing bidang, UPT, ya sehingga kita bisa benar-benar mewujudkan good government dan clean government sesuai dengan harapan-harapan pimpinan,” tandasnya.(Yopi)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *