DAERAH

Bupati Garut : Fun Gathering Merupakan Bagian Untuk Membangun Jiwa Korsa

Garut, zonainformasinew.com — Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengapresiasi kegiatan silaturahmi unsur pegawai Dinas Pertanian (Distan) Garut yang bertajuk Distan Fun Gathering yang dilaksanakan di Sarana Olahraga (SOR) R.A.A Adiwijaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Sabtu (28/1/2023).

Ia mengungkapkan jika acara yang digelar oleh Distan Garut ini menjadi ide tersendiri bagi dirinya untuk menyelenggarakan acara yang sama dengan pegawai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut di lain waktu, karena menurutnya fun gathering ini merupakan bagian untuk membangun jiwa korsa.

“Saya ini juga menjadi ide bagi saya nanti suatu waktu mengadakan kegiatan ini (dan tidak) perlu di tempat yang jauh, tapi di tempat yang dekat, murah, bermakna, ada musik, ada juga saya lihat hadiah-hadiahnya,” ujarnya.

Rudy mengungkapkan jika selama ia menjabat 9 tahun sebagai Bupati Garut, ia menilai jika jiwa korsa atau team work inilah yang kurang terlihat di Pemkab Garut.

“(Jadi) atasan menekan bawahan, bawahan menekan bawahan lagi, tidak dibuat dalam suatu team work, team work itu tidak ada yang lebih berjasa dalam konteks satu kegiatan, tidak ada yang lebih superior, tidak ada yang lebih-lebih, dan juga tidak ada yang lebih rendah, team work ini satu sama lain saling bisa mengaitkan, tanpa peran si A maka tidak akan berjalan, tanpa dukungan di bawah maka ini tidak berjalan,” ungkap Rudy.

Selain itu, Bupati Garut juga memaparkan jika Distan Garut sudah hampir 4 tahun lamanya dipimpin oleh Beni Yoga Gunasantika, atas hal tersebut ia meminta dinas pertanian untuk membuat sebuah peta before after kinerja Beni selama menjabat sebagai seorang kepala dinas.

“Sehingga nanti kekurangannya apa kita perbaiki kekurangan itu, misalnya ada keterkaitan dengan manajemen sumber daya manusia, maka di dalam zona integritas ada yang namanya manajemen perubahan, ada penataan tatalaksana, ada penataan sumber daya manusia, ada juga penguatan akuntabilitas kinerja, ada juga penguatan APIP, dan bagaimana kita memberikan yang keenamnya adalah dengan inovasi kolaborasi kita meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” paparnya.
.
Sementara itu, Kadistan Garut, Beni Yoga Gunasantika, menuturkan, acara Distan Fun Gathering ini mengusung tema together in harmony, dengan maksud tujuan dari acara ini adalah ajang untuk memperkuat tali silaturahmi.

“Sebagaimana disampaikan Pak Bupati kita harus membangun kekompakan, kita harus membangun soliditas dalam rangka membangun terutama sektor pertanian di Kabupaten Garut ke depan menjadi lebih baik lagi,” tuturnya.

Ia menjelaskan acara ini dihadiri oleh kurang lebih 500 pegawai di Distan Garut, terdiri dari petugas lapangan, petugas pengamat hama, hingga pegawai yang ada di Kantor Distan Garut.

Beni mengatakan, target yang ingin dicapai, salah satunya yakni meningkatkan produktivitas dan produksi pertanian dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para petani di Kabupaten Garut.

“Nah seperti kita tahu bahwa pembangunan atau PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Kabupaten Garut itu hampir 40% itu dikontribusi oleh sektor pertanian, sehingga sebagai arahan pimpinan Pak Bupati supaya sektor pertanian ini menjadi core bisnis di Kabupaten Garut selain pariwisata, sehingga dengan kondisi yang sekarang krisis ekonomi, krisis global pangan, stunting yang masih tinggi, nah mudah-mudahan core bisnis di sektor pertanian ini bisa memberikan nilai dampak signifikan terhadap angka-angka makro yang tadi disampaikan oleh Pak Bupati,” tandasnya.(Yopi)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *