METROPOLITAN

Mutasi 704 Perwira Polri, Profil Kabid Humas Polda Metro Jaya Yang Lama Dan Penggantinya

Jakarta, Zona Informasi New – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi kepada sejumlah pejabat di Mabes Polri dan Polda. Pemberitahuan ini berdasarkan Surat Telegram bernomor ST/2775/XII/KEP./2022 tertanggal 23 Desember 2022.
Salah satu perwira polisi yang dimutasi adalah Kombes Pol Endra Zulpan dari Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan jadi Kabagjiantekpol Waketbid PPITK STIK Lemdiklat Polri.


Profil Endra Zulpan, Eks Kabid Humas Polda Metro Jaya
Kombes Pol Endra Zulpan lahir pada 5 Juli 1972. Dia adalah seorang perwira menengah Polri. Tehritung 23 Desember 2022, jabatan terbarunya adalah sebagai Kabagjiantekpol Waketbid PPTIK STIK Lemdiklat Polri. Zulpan merupakan lulusan Akpol 1995. Dia berpengalaman dalam bidang lantas. Jabatan terakhirnya sebelum dimutasi adalah Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Setelah lulus Akpol pada 1995, Zulpan juga menempuh sejumlah pendidikan lain. Di antaranya yaitu Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian pada 2002 dan Program Studi Magister Kajian Ilmu Kepolisian pada 2005. Selain itu, ia juga merupakan lulusan Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi pada 2011, dan lulusan Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia pada 2020. Pada 2002, Zulpan merupakan PTIK Angkatan 37. Di tahun yang sama dia dipercaya jadi Pama Polda Metro Jaya. Namun tahun berikutnya, Zulpan jadi Kapolsek Ciputat pada 2003. Pada 2004, dia dipromosikan kembali ke Polda Metro Jaya jadi Kanit BM Satwal Ditlantas kepolisian setempat. Tahun 2005 dia masih di Kapolda Metro Jaya jadi Kasubsi Ditlantas.

Pada 2017, atau dua tahun berselang, Zulpan dimutasi ke Kalimantan, dia jadi Dirlantas Polisi Daerah Kalimantan Selatan. Pada 2019, dia jadi Kabag TIK Korlantas Polri. Kemudian diangkat jasi Analis Kebijakan Madya Bidang Kamsel Korlantas Polri di tahun yang sama. Pada 2020 Zulpan ditugasi jadi Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan.
Lalu, pada 2021 lalu, Endra Zulpan diangkat jadi Kabid Humas Polda Metro Jaya hingga 2022. Kemudian di penghujung tahun, Kapolri menerbitkan Surat Telegram, memutasi ratusan perwira, termasuk Zulpan. Setelah dua tahun jadi Kabid Humas Polda Metro Jaya, kini dia menjabat sebagai Kabagjiantekpol Waketbid PPTIK STIK Lemdiklat Polri.


Salah satu perwira polisi yang juga dimutasi adalah Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, yang menjadi kabid Humas Polda Metro Jaya. Sebelumnya dia menjabat sebagai Kabapemanalis Romulmed Divhumas Polri.
Salah satu kasus yang ditangani Trunoyudo adalah kematian Sisca Yofie pada 2013 silam. Kasus ini sempat menggegerkan masyarakat lantaran Sisca tewas terseret sejauh 500 meter. Rambutnya tersangkut pada motor pelaku penjambretan di Bandung, Jawa Barat. Setelah ditelusuri oleh Tim Gabungan Mapolrestabes Bandung, di bawah pimpinan Trunoyudo, polisi pun berhasil mengamankan kedua pelaku.

Sepanjang kariernya di kepolisian, Trunoyudo telah melalang buana dari satu jabatan ke jabatan lainnya. Berikut jabatan yang pernah diemban Trunoyudo yaitu Kasat Reskrim Polres Aceh Utara dan Kasat Reskrim Poltabes Pekanbaru. Pada 2008, dia jadi Wakapolres Bengkalis dan Kasubbid Paminal Bid. Propam Polda Riau pada 2009. Lalu pada 2010 dia jadi Pamen, masih di Polda Riau.

Setelah itu Trunoyudo dimutasi ke Jawa Barat jadi Kasat Reskrim Polrestabes Bandung dan Kabag Binopsnal Ditreskrimum Polda Jabar. Pada 2015 ditugaskan jadi Kapolres Purwakarta dan pada 2016 Wadirreskrimum Polda Jabar. Sebelum akhirnya jadi Kabidhumas Polda Jabar pada 2018
Trunoyudo dipindah pada 2020 ke Jatim jadi Kabid Humas Polda Jatim. Namun pada 2021 dia ditugasi ke Jakarta jadi Analis Kebijakan Madya Bidang Penmas Divhumas Polri. Tak lama berselang dia diangkat jadi Kabagpemanalis Romulmed Divhumas Polri di tahun yang sama hingga 2022. Kini dia menjabat sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya. (A2TP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *