DAERAH

Bupati Garut Buka Resmi Kick Off Meeting Perencanaan Pembangunan Tahun 2024

Garut, zonainformasinew.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Garut menyelenggarakan Kick Off Meeting Perencanaan Pembangunan Tahun 2024, di Ballroom Hotel Santika, Jalan Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (26/12/2022).

Kick Off Meeting ini dibuka secara langsung oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan yang turut dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Garut, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, dan perwakilan setiap fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Garut.

Bupati Garut mengungkapkan, dalam kesempatan ini dibahas beberapa permasalahan di Kabupaten Garut di antaranya terkait kemiskinan ekstrem, transformasi kesehatan, dan infrastruktur dalam rangka Sustainable Development Goals (SDGs).

“Tentu sekali lagi angka kemiskinan kita memang sangat luar biasa susah untuk turun, tapi ini hanya berdasarkan hasil survei. Kalau saya dalam hati mungkin lebih dari ini, karena rutilahu itu 45% rumah di Garut dalam keadaan tidak layak, itu adalah hasil Susenas, Sensus Ekonomi Nasional,” ucap Bupati Garut.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Garut, Euis Ida Wartiah mengungkapkan, DPRD Kabupaten Garut mengapresiasi atas diselenggarakannya Kick Off Meeting secara tepat waktu sesuai dengan agenda perencanaan, serta diikuti oleh para stakeholder pembangunan sebagai tahap awal untuk memulai proses perencanaan dan penganggaran tahun 2024.

“Sebagai bagian penting dalam penyelenggaraan pemerintahan serta diperolehnya masukan rancangan awal RKPD, selain itu pula melalui acara ini diharapkan dapat tersosialisasikan berbagai kebijakan yang strategis target sasaran serta program prioritas pembangunan Kabupaten Garut kedepan,” ucapnya,

Ia mengungkapkan, sebagai bagian dari unsur pemerintah daerah, DPRD Kabupaten Garut memiliki harapan bahwa pemerintah daerah dapat lebih memfokuskan arah kebijakan pembangunan yang disesuaikan dengan berbagai perubahan kondisi lingkungan makro strategis.

Di tempat yang sama, Kepala BAPPEDA Garut, Didit Fajar Putradi mengungkapkan, diadakannya kick off meeting bertujuan untuk mensosialisasikan kepada seluruh pemangku kepentingan mengenai dimulainya proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Garut Tahun 2024. Selain itu, imbuhnya, kegiatan ini juga bertujuan sebagai persiapan bagi seluruh perangkat daerah di Kabupaten Garut untuk menyusun rencana kerja di tahun 2024.

“Persiapan bagi seluruh kecamatan untuk menyusun rencana pembangunan tingkat kecamatan tahun 2024 serta untuk mensosialisasikan sasaran serta mendiskusikan prioritas pembangunan Kabupaten Garut Tahun 2024,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, realisasi dan target dari tahun 2021-2023 menjadi salah satu determinan yang sangat penting, yang akan digunakan dalam rencana yang akan disusun untuk tahun 2024, salah satunya yaitu realisasi dan target terkait Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Realisasi tahun 2021 mengenai IPM saja kita sudah 66,45 namun realisasi tahun 2022 itu belum mencapai target, indeks dini sudah 0,322 kalau tidak salah Kabupaten Garut ini sudah terendah untuk indeks dini, sekalipun meratanya itu masih di tingkat yang sangat rendah,” tuturnya.(Yopi)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *