KOTA BEKASI

Pemerintah Kota Bekasi Raih Penghargaan Kota Terinovatif Di Ajang Innovative Goverment Award 2022

Bekasi,,zonainformaainew.com – Pemerintah Kota Bekasi Berhasil Menerima Penghargaan Kota Terinovatif di Innovative Government Award 2022. Ajang tersebut diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia pada Kamis, tanggal 23 desember di Jakarta. Penganugerahan Innovative Government Award disingkat menjadi IGA Tahun 2022 diterima langsung oleh Plt. Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto.

Innovative Government Award digelar setiap tahunnya bertujuan untuk memberikan apresiasi yang ditujukan kepada berbagai Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota se-Indonesia yang telah berhasil menerapkan inovasi dalam bentuk: Inovasi Tata Kelola Pemerintahan Daerah, Inovasi Pelayanan Publik, dan inovasi lainnya yang sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, baik inovasi digital maupun inovasi non-digital.

Dari segala aspek penilaian terhadap produk-produk inovasi yang diajukan kepada tim penilai IGA 2022, Pemerintah Kota Bekasi berhasil meraih penghargaan sebagai Kota Terinovatif 5 besar Se-Indonesia. Tri Adhianto hadir langsung untuk menerima penganugerahan tersebut.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan, event IGA ini bukan hanya sekedar ritual tahunan, melainkan harus dijadikan ajang kompetisi bagi kepala daerah Kota dan Kabupaten demi memajukan pembangunan-pembangunan diwilayah.

“Jadi pagi hari ini kita baru saja selesai mengadakan acara pemberian penganugerahan kepada kepala daerah Provinsi, Kota dan Kabupaten terinovative 2022, harapannya event ini bukan hanya sekedar ritual tahunan melainkan dapat mendorong daerah-daerah untuk terua berkreasi dan berinovasi,” Ungkap Tito pada awak media.

Dalam kesempatan tersebut, Tri Adhianto juga menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang telah diraih pada penghujung tahun 2022 ini. Ia pun menegaskan bahwa prestasi yang diraih adalah kebanggaan bersama dalam mengimplementasikan pelayanan yang terbaik kepada warga masyarakat.

“Rasa terima kasih, syukur, dan bangga tidak lupa saya ucapkan kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras untuk memikirkan dan menghasilkan ide-ide inovatif untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kota Bekasi, dan agar kedepannya mampu menciptakan dan mengimplementasikan inovasi lainnya untuk mengoptimalisasi pelayanan publik,” ucap Tri.

Terkait jenis inovasi yang diusung oleh Pemerintah Kota Bekasi, Tri Adhianto menjelaskan ada sembilan puluh sembilan 99 inovasi yang telah digagas. Beberapa contohnya adalah Pelayanan Adminduk secara Online, Jemput Bola Pelayanan Kependudukan bagi Lansia dan Disabilitas, Layanan Kesehatan Berbasis Online, Pemberdayaan UMKM yang melibatkan kaum difabel.

Tri pun berpesan untuk lakukan evaluasi rutin terhadap produk-produk inovasi tersebut dan bahkan kembangkan terus agar menumbuhkan rasa kepuasan lebih tinggi di tengah-tengah warga masyarakat akan pelayanan yang diberikan.

“Kita terus lakukan evaluasi atas implemetasi produk-produk inovasi yang telah berjalan sampai sekarang. Dari evaluasi tersebut, kekurangan harus diminimalisir dan diperbaiki, bahkan harus kembangkan potensi-potensi yang ada agar masyarakat semakin puas dan merasa termudahkan ketika kita bekerja memberikan pelayanan kepada mereka,” tutup Tri. (Abu Hasan Safii/Joko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *