DAERAH

Pemkab Garut Gelar Peringatan Hari Ibu Ke 94

Garut,zomainformasinew

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menyelenggarakan Peringatan Hari Ibu ke-94 Tingkat Kabupaten Garut yang dilaksanakan di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis (22/12/2022).

Dalam kesempatan ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Nurdin Yana mengungkapkan, bahwa kegiatan peringatan Hari Ibu ini diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Garut, dengan mengkombinasikan beberapa kegiatan yang dilakukan oleh organisasi wanita di Kabupaten Garut.

“Orientasinya untuk menguatkan, satu kapasitas mereka, yang kedua bagaimana fungsi dan peran mereka bisa berjalan dengan baik khususnya dalam kerangka mengawal bagaimana sebagai leading terdepan dalam ketahanan keluarga ibu-ibu yang ada disitu,” ucapnya.

Nurdin memaparkan, bahwa terdapat anekdot yang mengisyaratkan keberhasilan seorang suami tidak terlepas dari peran seorang istri, di mana seorang ibu memiliki banyak peran dalam sebuah keluarga.

“Seorang ibu itu bekerja tanpa mengenal lelah tanpa ada jam kerja, tapi semua dilakukan dengan keikhlasan, nah inilah yang harus kita apresiasi dalam rangka Hari Ibu ini. Mudah-mudahan ketika momentum ini memberikan satu kesadaran untuk khususnya bagi suami-suami bahwa disini loh peran seorang ibu,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala DPPKBPPPA Garut, Yayan Waryana mengungkapkan bahwa Peringatan Hari Ibu ke-94 ini merupakan momentum untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia dalam merebut dan mengisi kemerdekaan.

“Peringatan Hari Ibu juga sebagai momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia,” ucapnya.

Selain itu, Yayan menyampaikan, bahwa Peringatan Hari Ibu juga merupakan waktu yang tepat untuk menggalang aksi bersama, mendorong kemandirian perempuan, tak hanya kemandirian ekonomi namun juga kemandirian di bidang lain seperti pendidikan, kesehatan, sosial dan lain sebagainya, yang dapat mendorong kaum perempuan di Indonesia untuk lebih berdaya.

“Melalui momentum Peringatan Hari Ibu ke-94 ini diharapkan seluruh pemangku kepentingan turut mendukung pelaksanaan 5 arahan Presiden Republik Indonesia kepada Kemeterian PPPA yaitu peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan berprespektif gender, yang kedua peningkatan peran ibu keluarga dalam mendidik dan mengasuh anak, yang ketiga penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak, yang keempat penurunan pekerja anak, dan yang kelima penurunan perkawinan anak,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Garut, Diah Kurniasari yang juga selaku Istri Bupati Garut, Rudy Gunawan mengajak para ibu untuk selalu bersemangat dan bangga menjadi seorang ibu sesuai dengan tema Hari Ibu tahun ini yaitu “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”

“Dengan hari ibu hari ini, kita sebagai ibu mendapat penghargaan paling tidak bahwa Indonesia mempunyai Hari Ibu. Jadi ibu itu sangat-sangat diperlukan dimanapun, kalau tidak ada ibu, tidak ada lagi generasi selanjutnya. Jadi insha allah hari ini hari yang berbahagia bagi para ibu khususnya ibu-ibu Indonesia,” tandasnya.

Dalam kesempatan ini juga, diberikan beberapa penghargaan secara simbolis diantaranya :

Penerima Santunan
A. Disabilitas

  1. Bangbang dari Kelurahan Sukajaya
  2. Muhamad Farid Kelurahan Sukajaya
  3. Renata Julia dari SLB Bani Mutaqin
  4. Intan Ratna Sari dari SLB A YKB
  5. Muhamad Ridwan Nurjaki SLB Samarang

B. Thalasemia

  1. Anggi dari RSUD dr. Slamet
  2. Mega Alysa Salsabila dari RS Guntur
    C. Lansia
  3. Oneh
  4. Edah dari Kampung Genteng
  5. Elah dari Kampung Genteng

Penerima Penghargaan

  1. Popy Prihardiani S.E selaku Ketua PERSIT Kartika Chandra Kirana Cabang XXII Kodim 0611/Garut sebagai Penyelenggaran Peringatan Hari Ibu yang ke-94 2022
  2. Kelompok Kerja P2WKSS Kecamatan Tarogong Kaler sebagai Penyelenggara Program P2WKSS Tingkat Kecamatan Tahun 2022
  3. Kelompok Kerja P2WKSS Kelurahan Sukajaya sebagai Penyelenggara Program P2WKSS Tingkat Kelurahan Tahun 2022
  4. Senam Terra Indonesia Kabupaten Garut Juara 3 Senam Terra Tingkat Nasional Tahun 2022
  5. Pimpinan Cabang Muslimat NU Kabupaten Garut sebagai Juara 1 Peserta Ibu Hamil Terbanyak Dalam Kegiatan Rekor MURI Ibu Hamil Makan Makanan Protein Tinggi, Juara 2 Pengelola Incubator Tingkat Jawa Barat, Juara 3 Lomba Senam Tingkat Jawa Barat
  6. Hj. Teti Heryati Oking sebagai Perintis Kriya Hantaran di Kabupaten Garut, Penghargaan dari DPD PHI Pancawati Provinsi Jawa Barat
  7. Yesi Endah Sundasari selaku Ketua HWDI Kabupaten Garut sebagai Pemenang Kompetisi Epowered Economic Empowerment Entrepener Disabilitas, Finalis Kompetisi Business Plan Competition Jawa Barat
  8. Dra. Hj. Empat Patimah Sambas, S.Pd sebagai ibu inspiratif
  9. Kafiya Kiasatina Risyadi sebagai Pemenang I Putri Lomba Borangan Jenjang SD Dalam Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Provinsi Jawa Barat
  10. Nada Destyana sebagai Juara I Koplo Superstars
  11. Kelurahan Cimuncang Kecamatan Garut Kota sebagai Terbaik II Apresiasi Rumah Data Kependudukan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022

Juara Dalam Rangka Kegiatan HUT DWP Tahun 2022

  1. Lomba Pidato Antar Ketua DWP SKPD
  • Nining M. Wahyuni, S.Sos, MA (Ketua DWP BPS) sebagai Juara ke-1
  • Hj. Sri Haryati, M.Pkim (Ketua DWP Perumda Tirta Intan) sebagai Juara ke-2
  • Dr. Eka Ariyanti Prima Wigena, MM (Ketua DWP Dinas Lingkungan Hidup) ke-3
  • Hj. Susilawati, S.Pd, M.Pd (Ketua DWP Dispusip) sebagai Juara Harapan ke-1
  • Ai Rosita (Ketua DWP Satpol PP) sebagai Juara Harapan ke-2
  • Rina Rositawati (Ketua DWP Disperkim) sebagai Juara Harapan ke-3
  1. Lomba Pidato Antar Ketua DWP Tingkat Kecamatan
  • Riska Arisandi, S.PD selaku Ketua DWP Kecamatan Cisompet sebagai Juara ke-1
  • Dewi Yulianti selaku Ketua DWP Kecamatan Sukaresmi sebagai Juara ke-2
  • Erni Komalasari selaku Ketua DWP Kecamatan Singajaya sebagai Juara ke-3
  • Rina Chaerani Amd.Keb selaku Ketua DWP Kecamatan Banjarwangi sebagai Juara Harapan 1
  • Apt. Asri Dewi Latifah, S.Si., S.Farm.Klin selaku Ketua DWP Kecamatan Limbangan sebagai Juara Harapan 2
  • Hj. Yeni Marlina selaku, S.ST., M.Kes selaku Ketua DWP Kecamatan Leles sebagai Juara Harapan 3
  1. Lomba Linedance Antar Ketua Unit DWP SKPD Kabupaten dan Kecamatan
  • Unit DWP Dispora sebagai Juara 1
  • Unit DWP Kecamatan Cisewu sebagai Juara 2
  • Unit DWP Disdik sebagai Juara 3
  • Unit DWP Disperkim sebagai Juara Harapan 1
  • Unit DWP Setda sebagai Juara Harapan 2
  • Unit DWP LH sebagai Juara Harapan 3
  • Unit DWP Kecamatan Samarang sebagai Juara Favorit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *